"Wahai jin dan manusia, jika kalian mampu menembus penjuru langit dan bumi, tembuslah! Kalian tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan (ilmu)." (Ar-Rahman:33)

Semenjak Samsung merilis Device baru dengan balutan OS Tizen. Ada keinginan untuk mencoba ketangguhan device tesebut dalam kondisi ekstrim. Device yang saya gunakan adalah Samsung Tizen Z2. Saya mencoba untuk melakukan percobaan dengan mendaki gunung Lawu. Dengan suhu sampai di bawah 0 dan hingga suhu minus (Ketika malam di musim kemarau) dan dengan perjalanan berhari-hari. Yang jadi pertanyaan adalah bagaimana bertahan hidup disana dengan mengandalkan sebuah device Tizen di atas gunung dengan tanpa ada sinyal jaringan apapun. Akhirnya petualangan dimulai.

Rute yang dilewati adalah Jalur Candi Ceto (Pemandangan lebih menarik) dan turun lewat jalur Cemoro Sewu (Jalur Terpendek).  Target tujuan pendakian adalah bisa menikmatin makan nasi pecel di warung Mbok Yem dengan ketinggian 3200mdpl (meter diatas permukaan laut). Posisi tersebut pas dibawah Puncak Lawu.

 

Berapa-berapa foto yang kami dapatkan sebagai berikut:

 

Bebarapa persiapan fitur yang wajib digunakan di Samsung Tizen Z2

  1. Power Saving

Dengan fitur ini, ketahanan baterai dapat sampai 3 kali lebih lama dari pada mode normal. Lumayan untuk menghemat baterai bisa sampai turun kembali. 😀

 

 

2. Tombol Praktis Lampu

Dengan Menekan secara bersamaan tombol power dan tombol volume atas secara otomatis lampu dapat langsung menyala tanpa harus menghidupkan device tersebut. Untuk mematikan dengan kembali menekan kedua tombol tersebut. Cukup praktis dan cepat untuk keperluan pencahayaan ketika malam hari. Apalagi kebutuhan pendakian akan efiensi sangat dibutuhkan.

 

3. Maps

Keberadaan maps cukup penting dalam melakukan pendakian terutama untuk menetukan arah dan estimasi berapa lama pos jarak yang ditempuh. Gunung Lawu juga memiliki beberapa jalur pendakian dan terlebih disana tidak terdapat sinyal sama sekali. tetapi untungnya secara default Device Tizen menggunakan Service Here Maps yang dapat digunakan secara Offline.

Here Maps memiliki komunitas kontribusi cukup besar di Indonesia. Selain itu, buat developer juga dapat mengembangkan API dari Here Maps di Device Tizen untuk membuat aplikasi yang memanfaatkan maps dengan fitur yang lebih keren. untuk lebih detailnya kunjungi alamat berikut: https://developer.tizen.org/development/guides/native-application/location-and-sensors/maps-and-maps-service/getting-here-maps-credentials

Dari hasil pengujian, Device tersebut cukup handal dalam membantu survival dengan alam yang cukup ekstrim. Semoga pengujian di atas dapat bermanfaat. Terimakasih

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: